Wednesday, March 12, 2008

Northern Lights Festival

Beberapa hari yang lalu, kami mempunyai waktu luang untuk membelah malam kota Adelaide. Kebetulan, waktu kami beberapa hari terakhir ini tidak lagi menjadi scarce resource. Dan, kamipun mengambil kesempatan itu. Berjalan-jalan sambil melihat Northern Lights Festival yang diadakan di pusat kota. Tentu saja, tetap dengan mempertimbangkan opportunity cost bahwa kami harus menunda tidur malam kami yang manis.

Festival lampu diadakan di empat bangunan di pusat kota, yang keempatnya terletak berdampingan: 2 gedung University of Adelaide, South Australian Museum, dan State Library of South Australia. Semula, kami kira festival tersebut akan berlangsung biasa saja. Apalagi siang harinya, kami baru saja dikecewakan oleh salah satu pameran animal show yang sangat mengecewakan, tidak sebanding dengan biaya tiket yang harus dikeluarkan. Namun ternyata perkiraan kami salah. Saat kami tiba di tempat pameran, wahhhhh... indah sekali.

Di depan masing-masing gedung tersebut, diletakkan box besar berisi proyektor yang berfungsi menyorotkan cahaya ke muka bangunan. Alhasil, cahaya tersebut sanggup merubah total penampakan gedung-gedung tersebut. Sulit digambarkan dengan kata-kata. Bahkan, foto-foto yang kami hasilkan juga tidak sanggup mewakili keindahan tersebut (he..he..alesan aja, padahal yang dipakai kamera abal-abal:). Coba lihat beberapa foto berikut, dan berikan komentar anda:)



Coba bandingkan dengan yang ini:



dan ini...




Gambar di atas adalah Bonython Hall (salah satu bangunan Adelaide Uni), sebelum dan sesudah disulap oleh lampu festival. Perubahan yang cantik bukan?


Mari berpindah ke gedung lain di universitas yang sama, Elder Conservatorium of Music.

Penampilan sepanjang hari:



Tampilan setelah dipapar oleh lampu festival:

Tema: Musik


Tema: Penuh dedaunan yang menjalar


Tema: Coklat


Dua gambar lain yang sempat kami tangkap dan saya anggap layak untuk ditampilkan:







Untuk mendapatkan efek 3 dimensi pada dua bangunan yang lain, selain sisi muka gedung, lampu juga dipaparkan pada sisi-sisi samping. Berikut gambarnya:







Perhatikan detail pada gambar berikut: terdapat gambar stempel, lembaran koran-koran lama, dan juga surat tulisan tangan yang dikirim lewat pos (theme sesuai sekali dengan fungsi gedung, library). Detail yang sangat cantik dan rumit bukan?




Dan, akhirnya kamipun pulang. Sungguh, kami sangat puas dengan festival ini. Cantik dan mengagumkan karena efek lampu begitu memperhatikan detail yang sangat rumit. Tak ada bayangan lampu yang meleset. Setiap lubang, jendela, pintu dan ornamen-ornamen gedung diperhatikan. Sangat puas, mengetahui opportunity cost yang kami korbankan tidak sebanding dengan pengalaman yang kami dapat (Duhh .. maaf ya kalau bahasanya serba cost dan expense, baru belajar ekonomi soalnya:)

6 comments:

Anonymous said...

wow ... cantik2 bangunannya, kalau aku liat langsung pasti bilang wow ..wow... :D

ada foto2 bangunannya tanpa lampu nggak ?

amethys said...

festival of light dunk???....
saya sangat suka "northern light", warna warni ajaib di langit ..tu istilah saya...

sangat indah oiii, liat pics2 nya jadi kebayang juga festival of light di HK ....

intan said...

@ elyswelt,
2 bangunan pertama ada foto yang tanpa lampu (gambar paling atas). Kalo yang 2 terakhir..he..maaf, belum pernah dijepret:)

@amethys,
wahhh...tambak perbendaharaan kosakata baru niy.... Gk tau deh sejarahnya knapa dinamai Northern Lights Festival:)

Andy MSE said...

Wow keren buangets... Seperti Kastil tempat tinggal para Peri

Anonymous said...

ak paling suka foto yang pertama! kereen waah yg moto punya sense art yang bagus juga nih :)

iya aku juga denger dari adik saya ttg festival itu, adik saya juga di Australia, kul disana, di Perth :)

salam

inspirasi pagi said...

Salam kenal mbak capung...

wah..foto2nya bagus sekali seperti cerita 2 orang teman sayaa.. kebetulan beberapa hari ini saya berkenalan satu tim dengan 2 orang bapak2 dan ibuu yang lulusan S2 dari sana...gak tahu universitasnya apa,,, cuma gelarnya M.Bus...diceritain macemm2 tentang kuliah disana dengan segala suka dukanya...
aku jadi terbayang dehhh.. kapannnn sayap2ku bisa terbang kesanaa....semoga bukan angan yang kelamaan...he333 Amin.


8660/sta/95